Senin, 21 Desember 2015

PENGERTIAN MULTIMEDIA MENURUT BAHASA, ISTILAH, DAN MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN MULTIMEDIA MENURUT BAHASA, ISTILAH, DAN MENURUT PARA AHLI

Secara bahasa, multimedia terdiri dari dua suku kata, yaitu multi dan media. Multi berati banyak atau bermacam-macam, sedangkan media berarti alat atau sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan informasi (pesan). Jadi, menurut bahasa multimedia dapat diartikan alat-alat yang digunakan untuk menyampaikan informasi.

Pengertian multimedia menurut istilah adalah penggunaan sarana (media) yang menyajikan kombinasi (gabungan) berbagai elemen informasi, seperti animasi, video, teks, suara, graphics, maupun gambar yang bersifat interaktif yang bertujuan menyampaikan informasi, atau sekedar memberikan hiburan kepada si peneriman.

Sedangkan menurut pendapat beberapa ahli, pengertian multimedia cenderung beragam, namum tentunya memiliki substansi yang sama. Berikut adalah beberapa pengertian multimedia menurut beberapa ahli:

Mc. Comick, 1996
Kombinasi dari tiga elemen : suara, gambar dan text.

Rosch, 1996
Kombinasi dari komputer dan video.

Hofstekter, 2001
Multimedia dalam konteks komputer adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakaian berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.

Robin dan Linda, 2001
Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks-grafik, animasi, audio dan video.

Turban, dkk., 2002
Kombinasi dari paling sedikit dua media input dan output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar.


Pada awal kemunculannya (1990), umumnya multimedia digunakan dalam bidang hiburan. Setelah itu barulah multimedia juga diadopsi kedalam dunia game. Hingga saat ini, karena perkembangan teknologi informasi multimedia juga diaplikasikan kedalam dunia pendidikan dan bisnis. Dalam dunia pendidikan, multimedia dimanfaatkan untuk menjadi media pengajaran, atau e-learning. Sedangkan dalam dunia bisnis, multimedia dimanfaatkan untuk menyampaikan profil perusahaan, profil produk, sistem informasi, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar